Spesifikasi PC Editor Video yang Sangat Direkomendasikan

Spesifikasi PC Editor Video yang Sangat Direkomendasikan

Spesifikasi PC Editor Video yang Sangat Direkomendasikan

Spesifikasi PC Editor Video yang Sangat Direkomendasikan - Teknologi di era milenial ini seakan semakin canggih dan tak terbatas. Beberapa bidang pekerjaan juga tidak bisa lepas dari adanya teknologi, salah satunya adalah seorang editor. Untuk seorang editor video maupun foto pasti sangat membutuhkan PC dengan spesifikasi yang mumpuni.


Pada penjelasan berikut akan dituliskan mengenai spesifikasi PC/laptop yang direkomendasikan untuk edit video. Berikut adalah uraian lengkapnya :

Spesifikasi Memori dan Prosesor

Spesifikasi Processor PC editor


Spesifikasi PC editor video yang harus diperhatikan pertama adalah memori dan prosesor. Perlu disadari untuk semua editor bahwa setiap karya yang ada di dalam prosesor itu mempunyai tenaga yang digunakan untuk melakukan proses encode, export file video, serta render.


Untuk saat ini, ada 2 merk prosesor ternama yaitu AMD dan Intel. Ini telah menghadirkan prosesor multicore yang sangat memadai untuk editing video. Adapun prosesor 6 core juga menjadi salah satu spesifikasi CPU yang sangat tangguh dan menjadi pilihan terbaik untuk melakukan pengeditan video.

Rekomendasi Processor untuk Design dan Editing Video :

  1. Seri AMD Ryzen 7 Keatas
  2. Seri AMD Threadripper
  3. Seri Inter Core i7 dan Core i9

RAM

Spesifikasi RAM PC editor

Untuk pemilihan RAM, seorang editor harus benar-benar memastikan hal tersebut di dalam PC yang akan dibeli. Mengapa demikian? Alasannya adalah semakin tinggi resolusi video , maka banyak RAM yang dibutuhkan juga untuk menyimpannya. Standar memori RAM yang dipakai untuk editing video biasanya sekitar 16 GB. Jika seorang editor mengedit video dengan resolusi yang lebih tinggi maka bisa mempertimbangkan RAM 32 atau 64 GB.

Kartu Grafis

Spesifikasi VGA PC editor

Kartu grafis juga merupakan salah satu komponen atau spesifikasi PC editor video yang harus diperhatikan. Tipe pemilihan kartu grafis juga tergantung pada program editing yang akan digunakan dan jenis video yang akan di edit. PC terbaik adalah perangkat yang menggunakan kartu grafis standar.Kartu grafis standar ini biasa disebut juga dengan integrasi middle level.


Seorang editor harus menggunakan aplikasi editing yang didalamnya terdapat sistem tinggi seperti Davinci resolve. Aplikasi Davinci resolve juga menggunakan kartu grafis standar yang mumpuni untuk mengedit video.

Rekomendasi Kartu Grafis untuk Design dan Editing Video :

  1. Nvidia GeForce GTX TITAN X.
  2. Nvidia GeForce GTX 970.
  3. Nvidia GeForce GTX 980.
  4. Nvidia GeForce GTX 750 Ti.
  5. Nvidia GeForce GTX 780.

SSD dan HDD

Spesifikasi SSD PC editor

Spesifikasi PC editor video SSD dan HDD juga diperlukan dalam melengkapi kenyamanan dalam hal menjalankan pengeditan video yang berat. Ini diperlukan untuk Drive dengan kecepatan pemrosesan yang sangat tinggi. Oleh karena itu, hardisk dengan performa tinggi seperti SSD ini adalah salah salah satu opsi untuk menyimpan media selain HDD.


Di sisi lain, dalam lingkungan yang profesional SDD juga menawarkan kinerja yang sangat cepat di luar batas biasanya. Dengan demikian, seorang editor akan mungkin untuk memutar beberapa video sekaligus dan juga mengolah rekaman 4K.


Dari sini dapat disimpulkan bahwa jika Anda ingin mengedit sebuah video, maka direkomendasikan untuk memilih spesifikasi PC yang didalamnya terdapat 2 drive yaitu SSD dan HDD. Dengan adanya SSD, PC akan bekerja lebih cepat dalam memproses hal apapun. HDD juga memberikan peran untuk pemberian tempat penyimpanan video yang lumayan besar.

Tetapi jika kalian mempunyai Budget lebih besar, direkomendasikan menggunakan SSD saja.

Kualitas Layar 

Spesifikasi Monitor PC editor


Jika Anda ingin membeli PC editor video yang biasanya digunakan oleh pengedit-pengedit handal maka perhatikan mengenai kualitas Layar. Selain tenaga yang powerfull, tampilan visual dari PC juga merupakan hal vital bagi seorang editor. Ini besar kaitannya dengan proses color grading.


Banyak kejadian dimana editor sudah melakukan pengeditan terhadap video kemudian dipindahkan ke perangkat lain dan mempunyai hasil warna yang berbeda. Ini merupakan hal yang dikeluarkan oleh layar PC yang memungkinkan kualitas warna akan berbeda dari proses edit yang sudah dibuat. Oleh karena itu, pilih layar full HD yang tepat digunakan untuk mengedit video.


Tingkatan resolusi layar memang sangat penting dan tidak bisa dikesampingkan. Dengan memilih layar yang bagus dengan kualitas tinggi maka Anda bisa menghasilkan video yang memukau. Untuk masalah resolusi layar pada PC ini tergantung pada setiap merk. Oleh karena itu, Anda bisa langsung melihat ke tempat pembelian PC dan menanyakan hal tersebut kepada pelayan yang lebih ahli.

Rekomendasi Kualitas Layar/Monitor untuk Design dan Editing Video seperti : LG 34GN850-B


Demikian penjelasan lengkap mengenai spesifikasi PC editor video yang sangat direkomendasikan. Jika Anda adalah seorang editor, maka perhatikan spesifikasi yang sudah dijelaskan di atas untuk memaksimalkan proses video yang setelah diedit. Pilih PC yang mempunyai spesifikasi luar dan dalam yang terbaik berdasarkan uraian yang sudah dijelaskan.

Baca Juga