Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Tugas Sales Force

Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Tugas Sales Force

Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Tugas Sales Force

Sebuah perusahaan membutuhkan sistem informasi agar bisa meningkatkan penjualan produk. Sales force menjadi salah satu jenis sistem informasi yang saat ini ada di dalam sebuah perusahaan agar bisa meningkatkan penjualan produk.

Sales force adalah tim, pegawai atau divisi khusus yang ada di dalam struktur perusahaan dan mereka memiliki tanggung jawab khusus di dalam proses penjualan produk atau layanan.

Secara umum sales force merupakan seseorang yang bekerja menjadi tenaga penjualan karena tugas utamanya yakni mengatur strategi penjualan dan mengelola teknologi agar bisa meningkatkan penjualan produk atau layanan. 

Tugas utama seorang sales force yakni memahami teknologi atau perangkat lunak berbasis CRM agar pekerjaannya dapat tercapai. Menjadi seorang sales force harus mampu mengatur strategi penjualan yang stabil.

Fungsi Sales Force

Setelah mengetahui pengertian sales force, selanjutnya Anda juga harus memahami apa pentingnya memiliki divisi sales force di dalam perusahaan. Sebab fungsi utama dari sistem informasi ini yakni melakukan penjualan dan menghasilkan penjualan yang terus meningkat secara signifikan. 

Selain fungsi utamanya, berikut ini beberapa fungsi sales force yang perlu Anda ketahui:

1. Brand Awareness

Fungsi sales force adalah meningkatkan brand awareness khususnya untuk pengguna baru yang mungkin tidak mengenal produk yang Anda jual. Untuk meningkatkan brand awareness, seorang sales force bisa menggunakan media yang efektif untuk promotion campaign.

Misalnya menggunakan media sosial atau website untuk membentuk brand awareness. Dengan informasi yang kredibel, maka Anda bisa terhubung dengan banyak calon pelanggan yang berpotensi menjadi pelanggan Anda. 

2. Loyalitas Pelanggan

Sebagai pemilik bisnis tentu saja Anda ingin penjualan yang signifikan, namun terkadang banyak pengusaha yang lupa bahwa loyalitas pelanggan juga menjadi kunci kesuksesan sebuah bisnis. 

Fungsi lain sales force adalah bisa membangun hubungan dengan pelanggan. Hubungan inilah yang akan membuat pelanggan loyal terhadap produk Anda.

Misalnya Anda sering berinteraksi ke pelanggan lewat media sosial. Komunikasi dengan pelanggan inilah yang membuat pelanggan loyal dan terus membeli produk Anda.

Sesekali Anda bisa membuat postingan yang bisa menjadi tempat para pelanggan bertukar cerita saat menggunakan atau membeli produk Anda. Seorang sales force yang sukses yakni mereka yang berhasil membuat pelanggan loyal.

3. Layanan Pelanggan

Peribahasa “pelanggan adalah raja” bisa menjadi salah satu landasan mengapa sebuah bisnis membutuhkan sales force. Sebab sebuah bisnis harus bisa memberikan layanan pelanggan. 

Dengan adanya sales force, semua permintaan pelanggan bisa terpenuhi dan Anda bisa menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Hubungan yang harmonis inilah yang membuat perusahaan Anda tumbuh lebih baik lagi. 

Berikan layanan yang memuaskan pelanggan agar bisa mempertahankan mereka sebagai pelanggan tetap bisnis Anda. Semakin Anda memberikan layanan maksimal, maka pendapatan bisnis Anda terus meningkat. 

4. Meningkatkan Pendapatan

Jika berfokus pada penjualan saja tanpa memikirkan membangun hubungan dengan pelanggan, sulit untuk sebuah bisnis berkembang dengan pesat jika tidak diiringi hubungan tersebut.

Oleh sebab itu sales force mampu membangun kepercayaan pelanggan pada sebuah produk atau layanan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya. Sales force bisa bekerja menggunakan software CRM yang mampu meningkatkan penghasilan perusahaan.

5. Sales Support

Bedakan posisi sales force dengan divisi penjualan lainnya. Sales force berfungsi sebagai pendukung tim sales agar bisa melakukan close deal lebih cepat. 

Sebab sales force bisa membuat profil pelanggan, mengumpulkan informasi dan research data terkait calon pelanggan. Hal inilah yang bisa menjadi database sebuah perusahaan agar mencari target market yang sesuai. 

Manfaat Sales Force untuk perusahaan

Berikut adalah beberapa keuntungan atau Manfaat dari implementasi Sales Force untuk meningkatkan pertumbuhan konversi bisnis perusahaan.

  • Mampu mengotomatisasi proses komunikasi dengan pelanggan komersial Anda.
  • Mampu memperoleh laporan penjualan analitik dan lengkap.
  • Memantau efektivitas KPI.
  • Dapatkan informasi secara langsung yang terkait dengan perjalanan pelanggan.
  • Membudahkan proses administrasi pada divisi penjualan dan pemasaran.

Tugas Sales Force

Berikut ini beberapa tugas sales force yang perlu Anda ketahui:

• Melakukan Penjualan

Tugas utama sales force yakni melakukan penjualan dan meningkatkan penghasilan. Setiap anggota penjualan harus berhasil menjual produk / layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Mereka harus berusaha keras agar produk terjual kepada konsumen.

• Menjalin Hubungan dengan Pelanggan

Tugas seorang sales force adalah membangun dan menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Sebab indicator ini yang paling penting karena bisa menjadi salah satu keberhasilan bisnis Anda. 

• Memenuhi KPI

Sales force juga harus menggunakan KPI yang tidak hanya berorientasi pada pendapatan, tapi juga pada penjualan dan kinerja mereka. ini bertujuan agar mereka dapat memvalidasi tim penjualan mereka memiliki kinerja sesuai standar. Ini juga dapat dikaitkan dengan perhitungan insentif dan evaluasi kinerja mereka.

• Gunakan aplikasi CRM untuk melihat aktivitas bagian sales

Konsultasikan ini dengan perusahaan CRM lokal yang dapat mengelola ini dengan baik. Aplikasi CRM terbaik dapat dengan mudah diatur dalam waktu 2 jam sehingga seluruh sistem telah disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Sales force adalah sebuah divisi yang bertanggung jawab untuk menjual produk dan layanan perusahaan. Tak hanya itu, mereka juga perlu mengelola beberapa hal, seperti unpan balik atau ulasan dari pelanggan dan menerapkan strategi penjualan yang lebih baik kedepannya.
Baca Juga